Sabtu, 07 Maret 2009

Pendidikan Sistim Ganda SMK, Dibutuhkan Tapi

Dalam era pasar bebas dewasa ini, setiap industri akan mengupayakan nilai tambah terhadap produksinya dan ini akan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi-teknologi tinggi. Sementara itu, teknologi itu sendiri berkembang secara terus menerus. Para ahli melaporkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi berubah 15 % setiap tahun dan perubahan ini akan meningkat menjadi 2 kali lipat dalam lima tahun. Suatu hal yang perlu dipahami bahwa teknologi tinggi tidak dapat memberikan nilai tambah terhadap upaya manusia.. Hanya manusialah yang dapat menghasilkan nilai tambah dengan memanfaatkan bantuan teknologi.

Oleh karena itu, kepada siswa perlu ditanamkan pemahaman yang mendasar akibat hakekat teknologi dan rasa ingin mendapatkan nilai tambah terhadap setiap upaya yang dilakukan dengan bantuan teknologi.Tanpa sikap ini, maka akan terbentuk suatu bangsa yang sekaligus tenaga kerja yang apatis terhadap perubahan teknologi dan merasa teknologi sebagai milik suatu kelompok atau bangsa elit tertentu. Pendidikan teknologi merupakan bagian yang sangat penting.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu Sekolah Lanjutan Tingkat Atas tidak terlepas dengan Praktik Kerja Lapangan atau lebih dikenal sebagai Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Pengalaman penulis sebagai guru pembimbing PSG selama ini mengisyaratkan bahwa kegiatan ini hanya bersifat pelengkap bagi rangkaian pendidikan menengah kejuruan, belum menjadi sesuatu yang penting bagi sekolah sebagai lembaga pendidikan, apalagi dunia industri sebagai institusi tempat dimana siswa praktik kerja industri (prakerin).

Pendidikan sistem ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan keahlian kejuruan yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui bekerja langsung di dunia kerja, dan terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu. Dalam PSG, lembaga pendidikan atau lembaga pelatihan lainnya dan industri secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program pendidikan atau program pelatihan mulai dari perencanaan, penyelenggaraan, dan penilaian, sampai dengan upaya penempatan lulusan. Peraturan penyelenggaraan program kapan diselenggarakan di sekolah dan kapan diselenggarakan di industri dapat mempergunakan hour release, day release, atau block release. Komponen pendidikan normatif, adaftif, dan sub komponen Teori Kejuruan diselenggarakan di sekolah. Sedangkan subkomponen Praktek Keahlian Produktif diselenggaraksan di industri. Subkomponen Praktek Dasar Kejuruan dapat dilaksanakan di sekolah atau industri.

Penerapan kebijakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang menggambarkan perubahan mendasar dari model penyelenggaraan pendidikan sebelumnya (schooling system) ke arah sistem ganda (dual responsibility), dimana perusahaan atau institusi kerja lainnya menjadi institusi pasangan (IP) dari SMK dalam pelaksanaannya, merupakan bagian integral dari sistem penyelenggaraan pendidikan kejuruan. Perubahan ke arah sistem ganda menuntut pihak SMK untuk melakukan pengembangan penyelenggaraan PSG agar mampu memberikan layanan pendidikan secara optimal dalam memenuhi dinamisasi kebutuhan pendidikan masyarakat. Melihat fenomena ini, pertanyaan krusial dari penyelenggaraan PSG adalah mampukah dunia pendidikan menciptakan harmonisasi dengan tuntutan dunia kerja.

Dari pengamatan penulis yang telah hampir 5 (lima) tahun menjadi pembimbing siswa dalam pelaksanaan PSG bahwa dalam penyelenggaraanya masih ditemukan ketimpangan hubungan kerjasama antara SMK dengan institusi kerja. Dimana pihak SMK sangat merasa berkepentingan dengan keterlibatan secara langsung pihak institusi kerja sebagai IP. Namun dilain pihak, institusi kerja kebanyakan (walau tidak semua) merasa tidak berkepentingan dengan dunia pendidikan. Hal ini bisa dipahami karena keduanya memiliki kepentingan yang berbeda, dimana pihak SMK sebagai lembaga yang bersifat sosial
sumber: http://arsip.pontianakpost.com/berita/index.asp?Berita=Opini&id=151377

Tidak ada komentar:

Posting Komentar